Kegiatan|

MOJOKERTO, BIDIK – Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa di kesempatan yang sangat berharga hadir meresmikan pembukaan Grab One Pesantren One Product (OPOP) Mart Amanatul Ummah, tepatnya di Kampus Institut KH. Abdul Chalim (IKHAC) Pacet, Mojokerto. Senin (11/04/2022).

Grab OPOP Mart ini merupakan sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh Ibu Khofifah yang berkolaborasi antara Grab Indonesia dengan pesantren dan sekaligus sebagai pioneer market place berbasis pesantren pertama kali di Indonesia. Oleh karena itu, Pesantren Amanatul Ummah, tepatnya di kampus IKHAC sangatlah bangga karena menjadi tempat pertama diluncurkannya Grab OPOP Mart ini.

Pada acara peresmian pembukaan Grab OPOP Mart yang dilaksanakan di swalayan Kampus IKHAC ini juga dihadiri oleh Emil Elistianto Dardak selaku Wakil Gubernur JATIM, Kyai Asep Saifuddin Chalim selaku Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Muhammad Albarra selaku Wakil Bupati Mojokerto dan Pak Uun Ainnurofiq selaku Direktur Pemerintahan Grab Indonesia, serta para Ulama dan para mitra pengemudi Grab perwakilan dari berbagai wilayah di Jawa Timur.

Dengan menggunakan tagline “1 Jam Sampai”, Grab OPOP Mart ini mengharapkan sebuah kemudahan dalam pemesanan barang ataupun produk kebutuhan para santriwan dan santriwati serta masyarakat agar menjadi lebih cepat dan praktis.

Alhamdulillah, malam ini kita telah meluncurkan Grab OPOP Mart. Saya harap ke depan Grab dapat membantu proses penguatan manajerial kemampuan Grab OPOP Mart sampai menjadi bagian upaya kemandirian pesantren. Belakangan ini, program pemberdayaan ekonomi terhadap pesantren begitu kuat. Hal ini juga harus didorong dengan jejaring yang kuat pula,” ujar Ibu Khofifah.

Hal tersebut diujarkannya pada jumpa pers di depan Swalayan Kampus IKHAC pada malam peresmian pembukaan Grab OPOP Mart. Dan ia juga mengimbuhkan bahwa program ini juga memiliki tujuan untuk memberdayakan Koperasi yang ada pada Pondok Pesantren yang terkenal dengan hasil produk yang telah halal dan tentunya dapat diterima oleh masyarakat serta pasar lokal maupun internasional.

Produk yang dijual pada Grab OPOP Mart berupa kebutuhan alat tulis, kebutuhan santriwan dan santriwati sehari – hari, makanan ringan dan beberapa produk lainnya yang memang dibutuhkan dalam lingkup Pondok Pesantren Amanatul Ummah dengan harga yang dapat dijangkau.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Direktur Pemerintahan Grab Indonesia, Bapak Uun Ainnurofiq juga mengatakan bahwa Grab OPOP Mart di Amanatul Ummah ini diharapkan dapat semakin kompetitif dalam mendukung lingkungan industri pesantren.

“Contoh yang baik dimulai di bulan yang baik. Semoga bisa menjadi inspirasi. Kami sebelumnya juga sudah melakukan diskusi dengan Pondok Pesantren lain yang ternyata banyak peminat Grab OPOP Mart. Program ini adalah inspirasi dari Jawa Timur untuk Indonesia,” kata beliau.

Acara peresmian pembukaan Grab OPOP Mart ini berlangsung sangat meriah dan khidmat dengan disaksikan oleh puluhan pasang mata. Kemudian acara peresmian tersebut disambung dengan acara Lailatul Ijtima’ #3 Ngaji Hikam dan Aswaja di Masjid Kampus Institut KH. Abdul Chalim (IKHAC) hingga pukul 22.30 WIB. Acara tersebut juga dapat disaksikan secara live pada zoom meeting juga Youtube IKHAC TV. Dengan adanya Grab OPOP Mart yang berada di Swalayan Kampus IKHAC ini, semoga ke depannya semakin maju dan berkembang. Tentunya sangat bangga dengan IKHAC yang menjadi kampus pertama adanya program kolaborasi antara Grab Indonesia dan Pesantren, menyediakan kebutuhan – kebutuhan secara online. (nad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close Search Window