Fakultas Dakwah|

MOJOKERTO, BIDIK – Guna memberdayakan potensi mahasiswa, Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (HIMAPRODI KPI)
Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC) adakan pelatihan jurnalistik untuk menggali dan mengembangkan potensi mahasiswa KPI dibidang jurnalistik. Pelatihan digelar di Gedung Tarbiyah IKHAC pada Jum’at, (12/03/2021).

Pelatihan ini dimotori oleh divisi Research and Development (RnD) yang dinahkodai oleh Icha Suwarni mahasiswa KPI IKHAC asal Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam pelaksanaannya, pelatihan dimentori oleh Elok Roudlotul Hikmah mahasiswa KPI IKHAC angkatan 2017 yang merupakan salah satu jurnalis jurnal mojo.

Pelatihan berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB, dengan penyampaian materi dasar jurnalistik dan pelatihan dasar membuat berita.

Menurut Elok, Keterampilan menulis itu bukan bakat lahiriah. Menulis adalah Keterampilan yang bisa ada karena terus menerus dilatih. Pada pelatihan kali ini tak hanya sekedar penyampaian materi namun juga sekaligus pelatihan menulis, hal ini di maksudkan untuk mengasah sumber daya mahasiswa sendiri sejalan dengan harapan untuk HIMAPRODI KPI kedepannya.

“Besar harapan saya, kegiatan-kegiatan seperti ini terus berlanjut. Jangan sampai kegiatan ini terselenggara hanya sebatas semangat awal saja, artinya konsistensi yang bertujuan untuk pemberdayaan potensi mahasiswa KPI harus terus diselenggarakan. Bahkan sampai kepengurusan HIMAPRODI ini berganti ke generasi selanjutnya” ujarnya.

Adapun tanggapan peserta terkait pelatihan ini, Maya Santika mahasiswa KPI angkatan 2019 menyampaikan kesan saat pelatihan, “Pelatihan ini sangat terasa manfaatnya, saya menjadi tahu banyak hal mengenai jurnalistik. Karena pelatihan-pelatihan seperti ini merupakan salh satu kebutuhan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa KPI.” Ungkapnya.
(ila/ica)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close Search Window