PERKULIAHAN & UTS ONLINE (ANTISIPASI COVID-19)

PERKULIAHAN & UTS ONLINE (ANTISIPASI COVID-19)

July 13, 2020 0 By PPTI IKHAC

Pacet-Mojokerto, Rabu (18/03) menindaklanjuti undangan rapat Rektor Institut Pesantren KH Abdul Chalim, No. 0473/KP.170.01.00/IX/03/2020, yang diantaranya membahas kemungkinan penyebaran Qif-19 (nama lain dari virus corona) dan persiapan kampus serta segenap civitas akademik untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi sehingga perkuliahan tetap dapat tercover baik secara offline maupun online.

Bertempat di Gedung B—Gedung Fakultas Syari’ah, rapat dihadiri oleh Rektor Institut Pesantren KH Abdul Chalim (IKHAC), Wakil Rektor I, II, III, Para Dekanat dan Para Kaprodi. Rapat ini dipimpin langsung oleh Bapak Rektor Dr. K.H Mauhibur Rokhman, Lc., MIRKH.

Dilaksanakan mulai pukul 15.30 WIB sampai selesai, rapat menghasilkan beberapa kebijakan diantaranya; 1) Perkuliahan dilaksanakan secara online, 2) Pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) online, 3) Wacana ujian Proposal dan Ujian Skripsi Online, dan 4) Wacana  dan opsi penggantian tugas akhir mahasiswa selain Skripsi.

Pelaksanaan perkuliahan, ujian, bahkan wisudah online memang diprediksi kurang efektif, namun mengutip pernyataan rektor IKHAC saat rapat, beliau menyampaikan bahwa, “مالا يدرك كلّه لا يترك كلّه” yang pada intinya, aktivitas yang tidak dapat dilakukan keseluruhan, maka jangan ditinggalkan semuanya, artinya walaupun perkuliahan online nantinya akan menemui berbagai problem karena pelaksanaannya menggunakan aplikasi dan membutuhkan jaringan Wifi ataupun paket data. Adapun aplikasi yang dapat digunakan seperti Zoom dan Group Whatsapp, akan tetapi tetap harus dilaksanakan dengan harapan mahasiswa dan dosen dapat berbagi secuil ilmu namun semoga berkah. Demikian yang disampaikan oleh bapak Rektor dengan nada bicara penuh semangat.

Salanjutnya, untuk mahasiswa yang saat ini telah melakukan ujian proposal dan akan melaksanakan penelitian maka diberikan opsi penggantian lokus penelitian. Lokus penelitian di Prodi rata-rata di daerah masing-masing karena menyesuaikan road map. Namun karena terkendala sekolah dan madrasah memberlakukan pembelajaran daring atau online maka para pembimbing skripsi diusulkan untuk menawarkan kepada mahasiswa bimbingannya untuk pengalihan penelitian lapangan ke penelitian pustaka dan penelitian kuantitatif diarahkan pada penelitian survey yang angketnya dibuat online.

Adapun penggantian bentuk Tugas Akhir mahasiswa selain skripsi masih akan dirapatkan dan butuh pertimbangan dan masih menunggu rasionalitas para ahli sehingga menemukan opsi yang tepat sebagai pengganti skripsi tersebut. Sedangkan wisudah online, menunggu kebijakan selanjutnya.

Diakhir rapat Bapak Yusuf Suharto, M.Pd.I dosen home based PAI memimpin doa yang ditujukan kepada kemaslahatan masyarakat IKHAC dan bangsa Indonesia serta berharap pandemi Qif-19 atau Covid-19 ini segera berakhir sehingga ummat dunia pada umumnya dapat beraktivitas sebagaimana mestinya dengan perasaan tenang dan senang. Amin. (Admin)

Surat Edaran Kesiapsiagaan Menghadapi Virus Corona (Covid-19)

Edaran Rektorat Pelaksanaan UTS

Edaran Fakultas Tarbiyah Pelaksanaan UTS Online

Jadwal UTS Fakultas Tarbiyah Online