DOSEN IQT TURUT AKTIF DALAM PEMBEKALAN KULIAH KERJA NYATA

DOSEN IQT TURUT AKTIF DALAM PEMBEKALAN KULIAH KERJA NYATA

July 13, 2020 0 By PPTI IKHAC

Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa, Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada 04 Maret 2020, ini kali kedua LPPM melaksanakan KKN. Sebanyak 218 mahasiswa Institut Pesantren KH Abdul Chalim, Pacet Mojokerto berasal dari 10 prodi dan 3 fakultas yang berbeda menjadi peserta dalam KKN kali ini, yang dari 218 peserta tersebut terbagi menjadi 9 kelompok yang diletakkan di 3 kecamatan yaitu kecamatan Pacet, Gondang dan Kutorejo, setiap kelompok terdapat 2 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sebagai pengarah dan juga media konsultasi. Sebelum KKN tersebut berlangsung LPPM terlebih dahulu melaksanakan pembekalan di Rektorat IKHAC pada 13 Februari 2020.

Salah satu anggota LPPM yang turut aktif menjadi DPL adalah pak Idris, M. Th. I yang merupakan dosen tetap prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IQT). Pembekalan ini membahas tujuan serta kebutuhan yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah metode yang digunakan. Metode yang digunakan saat KKN adalah metode Asset-Bassed Community Development (ABCD), metode ini memudahkan mahasiswa dalam memberdayakan masyarakat sebab dari metode tersebut mahasiswa dapat memetakan permasalahan yang dihadapi warga desa sesuai dengan yang dibutuhkan desa tersebut.

“Ya, sebagai pendatang kita harus mengikuti terlebih dahulu bagaimana lingkungan baru tempat kita tinggal, setelah kita kenal tumbuh kembangnya, baru kita ungkapkan gagasan-gagasan kreatif untuk lebih memajukan lingkungan itu, hingga masyarakat lebih mudah menerima dan bekerjasama dengan kita, diharapkan dapat bekerjasama dengan jangka waktu yang panjang, dan LPPM sebagai penyalurnya.” ujar pak Idris. Pembekalan ini cukup memberi gambaran beberapa kegiatan yang akan dilakukan, dengan menggunakan metode ABCD peserta KKN dituntut turut aktif dan peka terhadap lingkungan sekitar, dengan demikian peserta KKN dapat melihat potensi yang ada di masyarakat. Yah, semoga saja KKN kali ini dapat memberikan kontribusi yang baik. (Dhur Anni)