Upacara Hari Pramuka ke-57 : Pramuka Perekat NKRI

Upacara Hari Pramuka ke-57 : Pramuka Perekat NKRI

June 17, 2019 0 By pusat data dan sistem informasi ikhac
Anggota racana IKHAC bersama Kak Sumarman dari kwarcab Mojokerto

Anggota Racana ambalan KH. Abdul Chalim dan Hj. Siti Qonaah menggelar upacara dalam rangka menyambut hari pramuka Indonesia yang ke- 57 kemarin, Selasa (14/08). Upacara di adakan di lapangan Institut KH. Abdul Chalim, tepatnya di depan Gedung B. Upacara berjalan lancar dengan dihadiri oleh wakil dari kwarcab Mojokerto, Kak Sumarman sekaligus sebagai pembina upacara. Selain itu, upacara ini dihadiri oleh Kak In’am, yaitu pembina dari Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah.

 

Dalam pidatonya, Kak Sumarman sebagai pembina upacara membacakan pidato dari Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia, Dr. H. Adhyaksa Dault, SH. M.Si., dimana pidato tersebut ditujukan dalam rangka menyambut hari pramuka Indonesia yang ke- 57 untuk dibacakan secara nasional. Dalam pidatonya, kwarnas menyampaikan tentang peran pramuka dalam menghadapi pluralisme dan keberagaman di Indonesia. Karena itu, dalam hari pramuka ke-57 ini bertemakan “Pramuka Perekat NKRI”.

Usai pelaksanaan upacara, seluruh peserta diarahkan ke gedung B Institut KH. Abdul Chalim untuk berdiskusi ringan bersama dengan Kak Sumarman. Dalam pemaparannya, Kak Marman menyampaikan tentang pramuka pandega di Perguruan Tinggi yang berbeda dengan tingkat sebelumnya dalam tingkat siaga dan penegak. Beliau memberikan rekomendasi agar pramuka tingkat pandega lebih aktif, selain itu beliau turut memberikan kesempatan luas kepada mahasiswa untuk selalu menggali dan menambah pengalaman dalam pengamalan bina satuan, yaitu dengan menjadi pembina di tingkat SD, SMP maupun SMA. (ayl)