STUDY BANDING, WORKSHOP HAND & FINGER PUPPET DAN PENANDATANGANAN NOTA KERJASAMA

STUDY BANDING, WORKSHOP HAND & FINGER PUPPET DAN PENANDATANGANAN NOTA KERJASAMA

March 4, 2019 0 By pusat data dan sistem informasi ikhac

Dalam rangka mewujudkan sebuah pencitraan perguruan tinggi yang lebih bersifat positif, sebanyak 45 orang yang terdiri dari dosen PIAUD dan seluruh mahasiswa/I Prodi PIAUD Institut Pesantren KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto melakukan kunjungan dan mengikuti Workshop Hand & Finger Puppet serta penandatanganan Nota kerjasama antara Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Kalijaga, IAIN Jember, dan Institut Pesantren KH Abdul Chalim pada hari Selasa, 12 Februari 2019 di Yogyakarta.

Kepala Program Studi PIAUD IKHAC Dwi Bakti Indri M, M.pd menyampaikan jika tujuannya datang ke UIN Sunan Kalijaga tidak lain untuk bertukar Informasi dan mengenal lebih jauh tentang tata kelola PIAUD di UIN Sunan Kalijaga dan IAIN Jember. ” ada banyak sekali tujuan yang akan tercapai dengan terselenggaranya kegiatan studi banding  ini yaitu :

  1. memahami bagaimana sistem pendidikan di UIN Sunan Kalijaga
  2. menyepakati kerjasama antara prodi Piaud UIN Sunan Kalijaga, dan IAIN Jember
  3. memahami tentang tema workshop yaitu Hand & Finger Puppet.

oleh karena itu kegitan ini sangat penting untuk langkah pengembangan Prodi PIAUD IKHAC, “ paparnya.

Dalam kunjungan yang dilakukan, akan tercipta kolaborasi 3 perguruan tinggi sekaligus  yaitu UIN Sunan Kalijaga, IAIN Jember dan Institut Pesantren KH Abdul Chalim diamana akan terjalin kerjasama diantara ke-3 nya. Memandang peristiwa ini akan benyak peluang bagi ketiga belah pihak untuk menemukan peluang dalam mengambangkan hal- hal yang bersangkutan dengan pengembangan Anak usia dini.

UIN Sunan Kalijaga memiliki  fasilitas yang berhubungan dengan program studi PIAUD seperti Laboratorium yang memang diperuntukkan untuk berbagai kegiatan yang berkaitang dengan praktikum dan juga sebagai pusat sumber media pembelajaran dan permainan Anak usia dini. Dengan laboratorium tersebut juga menjadi ciri khas tersendiri dari Uin Sunan Kalijaga sebab dari seluruh dari seluruh Perguruan tinggi yang ada di Indonesia hanya UIN Sunan Kalijaga yang mempunyai Laboratorium PAUD.

Melalui pertemuan tiga Perguruan tinggi tersebut Sekretaris Program Studi Pendidikan islam anak usia dini mengharapkan dan mengupayakan agar mahasiswa dari luar yang melakukan studi banding ke UIN Sunan Kalijaga tidak hanya jalan- jalan melainkan mendapatkan sedikit dari banyaknya pembelajaran yang dimana akan menjadi bekal atau pembelajaran yang dapat di aplikasikan saat kembali ke perguruan tingginya masing- masing.

Gambar : penandatanganan nota kerjasama dengan UIN Sunan Kalijaga

Gambar : foto bersama di Gapura UIN Sunan Kalijaga