Seminar kewirausahaan Program Studi Perbankan Syariah: Be A Successful Young Entrepreneur

Mojokerto – Kembali Institut Pesantren KH. Abdul Chalim melaksanakan Seminar dengan beberapa narasumber yang hebat. Pada kesempatan kali ini seminar di sukseskan oleh Himpunan Mahasiswa Program studi Perbankan Syariah. Pada seminar kali ini (06/02) ini mengambil tema “Be A Successful Young Entrepreneur” dengan di narasumber ini langsung dua pemateri hebat yakni Fathur Rosy, S.E., M.Ag selaku Muslim Enterpreneur dan CEO di sebuah lembaga, yakni lembaga Bimbingan Intensif Persiapan Masuk Pesantren (BITREN) dan narasumber kedua iyalah Dr. Haryati Setyorini selaku direktur pusat pendidikan cendikia utama sekaligus menjadi dosen di PERBANAS Surabaya.

Sebelum acara ini di mulai beberapa sambutan pun disampaikan oleh ketua pelaksana yakni ucapan selamat datang untuk para tamu dan para peserta seminar ini. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Perbankan Syariah, Lu’lu’il Maknuun, SE.,MM. Beliau lebih menjelaskan seputar apa itu wirausaha dan bagaimana keutamaan berwirausaha tersebut sesuai dengan apa yang di sebutkan di dalam ayat Al-Qur’an. Selain itu untuk menjadi seorang wirausaha hebat pun harus memahami beberapa hal. Adapun hal tersebut adalah percaya, mengarahkan, controling, melindungi, dan perenungan. Dan hal yang paling penting adalah beliau mencontohkan sifat-sifat Rasulullah dalam berwirausaha. Sambutan terakhir pun di sampaikan oleh Dr. Masyhadi, M.Ag selaku Dekan Fakultas Syari’ah. Beliau lebih menjelaskan seputar kewirausahaan yang di ridhoi oleh Allah. “Orang yang diam hanya akan menimbulkan penyakit, maka bergeraklah dan ciptakan sesuatu usaha yang menguntungkan Anda” ujar beliau dalam sambutannya. Di akhir sambutannya beliau pun membuka acara kewirausahaan tersebut.

Narasumber pertama Dr. Haryati Setyorini, M. M., MBA. Beliau menjelaskan pentingnya seorang mentor dalam memulai berwirausaha, dan beliau pun lebih menekankan mahasiswa untuk mencontoh orang-orang hebat yang sudah sukses dengan usaha mereka. “Untuk meraih sukses maka milikilah 4 pilar sukses ini.” Ujar beliau. Dan empat pilar tersebut adalah memiliki mimpi, berprasangka baik kepada Allah, konsep yang di suri tauladan ini Rasulullah dan mewujudkan apa yang terlah di titipkan kepada kita oleh Allah yaitu berbagi kepada kaum fakir miskin.

Tak kalah berbeda dengan apa yang di sampaikan oleh Bu Haryati, narasumber kedua Fathur Rosy, S.E., M.Ag ini juga membahas seputar kesuksesan seorang entrepreneur. Beliau menjelaskan pemuda dikatakan pemuda setelah memiliki 5 hal besar yakni, sebuah visi yang sangat bagus dan bisa diwujudkan dengan gerak, kekreatifan yang sangat tinggi, kick oof the books dan memiliki sifat yang produktif.

“Berfikir lah seperti orang yang sukses dan berprilakulah seperti orang sukses juga. Karena dengan seperti itu kesuksesan akan anda miliki juga” ujar beliau saat akan menutup materinya.

Seminar enterpreneur ini diharapakan dapat menjadikan pemuda Indonesia menjadi pemuda yang berjiwa berwirausaha yang tinggi dan memiliki kesuksesan yang tinggi dan menjadi pemuda yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan kepada masyarakat sehingga pemuda atau mahasiswa mampu menjadi sesorang yang sukses dan di panitia oleh pemuda yang selanjutnya di masa depan.(Ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *