IKHAC Jajaki Kerjasama dengan Universitas Al Azhar Mesir

IKHAC Jajaki Kerjasama dengan Universitas Al Azhar Mesir

November 21, 2018 0 By pusat data dan sistem informasi ikhac

Setelah Libanon dan Maroko, di sela sela kunjungan ke Mesir, rombongan Institut KH Abdul Chalim pada Rabu, 31/10/2018 berkesempatan melakukan audiensi dengan Wakil Rektor Universitas Al Azhar Mesir Prof Dr Ashraf Athiya Ali al Bedehwi. Rombongan Institut KH Abdul Chalim dipimpin oleh Dr KH Asep Saifuddin Chalim dan didampingi oleh Mauhibur Rokhman, Rektor Institut KH Abdul Chalim, Fadly Usman, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Joko Pitono, salah satu jurnalis senior Jawa Timur. Turut menyertai rombongan Institut KH Abdul Chalim antara lain beberapa utusan al Azhar yang bertugas di Pesantren Amanatul Ummah.

Dalam pertemuan yang bertempat di Kantor Wakil Rektor, Prof Ashraf menyambut gembira kunjungan tersebut serta mengapresiasi mahasiswa/i Al Azhar dari Indonesia, terutama yang berasal dari Pesantren Amanatul Ummah. Menurut beliau, mahasiswa Indonesia di Al Azhar dikenal mempunyai perilaku yang baik dan bersemangat tinggi dalam menuntut ilmu. Wakil Rektor Al Azhar juga menekankan bahwa pihaknya senantiasa akan membantu para mahasiswa asing, utamanya dari Indonesia yang mengalami kesulitan dalam urusan administrasi.

Di kesempatan yang sama, DR KH Asep Saifuddin Chalim menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam atas jasa jasa Al Azhar bagi masyarakat Indonesia dan khususnya alumni Pesantren Amanatul Ummah. “Peran Al Azhar dalam melahirkan generasi moderat Ahl al Sunnah wa al Jamaah tak bisa disangkal siapapun”, ujar Pengasuh Pesantren Amanatul Ummah. Sementara dalam kesempatan yang sama, Mauhibur Rokhman menekankan tentang urgensi penambahan tenaga ahli dari Al Azhar di institusi pendidikan di Indonesia.

Perbincangan di antara kedua tokoh pendidikan tersebut juga menjajaki kemungkinan diselenggarakannya kerja sama antara Al Azhar dengan Institut KH Abdul Chalim. Prof Ashraf menyambut antusias langkah kerja sama antara kedua institusi, terutama dalam transfer keilmuan dan metode pengajaran. Sebagai langkah kongkrit dari upaya kerjasama, Prof Ashraf diagendakan akan mengadakan kunjungan balasan ke Institut KH Abdul Chalim.