STUDI KUNJUNGAN MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH KE BANK INDONESIA

STUDI KUNJUNGAN MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH KE BANK INDONESIA

November 13, 2018 0 By pusat data dan sistem informasi ikhac

PS IKHAC – Agenda kegiatan mahasiswa program studi perbankan syariah tidak hanya di wilayah kampus saja. Terbukti pada Kamis, 07 Desember 2018, mahasiswa perbankan syariah Institut Pesantren KH. Abdul Chalim angakatan 2016 melakukan studi kunjungan ke Bank Indonesia yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur.

Dengan mengusung tema “Quality Improvement Student of Sharia Banking Knowledge” para mahasiswa dengan semangat membara memperhatikan serta menyimak secara seksama setiap kata yang keluar dari sang narasumber. Mirna Yanti­, pegawai Bank Indonesia bagian humas selaku narasumber menjelaskan mengenai sejarah Bank sentral Indonesia. Mulai dari bagaimana bank sentral itu berdiri, nama bank sentral yang dulunya De Javasche Bank, inflasi yang terjadi di Indonesia karena dampak dari krisis moneter yang menerpa hampir seluruh Negara di Asia Timur di pada tahun 1997, operasional Bank Indonesia, keadaan perbankan di Indonesia hingga tahun 2017, hingga pengeluaran uang baru yang dari nominal terkecil hingga terbesar, yaitu Rp 100.000; serta penyebar luasan uang tersebut di seluruh Indonesia hingga pelosok Nusantara.

Untuk memperdalam materi yang telah diterima, mahasiswa melanjutkan kunjungannya menuju De Javasche Bank, Museum Bank Indonesia yang terletak di Jalan Garuda No. 1, Kota Surabaya, Jawa Timur. Di sana mahasiswa perbankan syariah dipandu oleh Bapak Bambang Suhasnowo. Dengan pemaparan beliau yang mudah dimengerti, beliau menunjukkan  benda-benda bersejarah peninggalan masa hindia belanda yang berkaitan dengan sejarah berdirinya De Javasche Bank, mulai dari uang yang digunakan, peralatan perbankan, emas batangan murni, AC alami, hingga CCTV zaman dahulu. (himaPS)