Kerjasama Bidang Pendidikan Antara Institut Abdul Chalim Jalin dengan Al Azhar University

Kerjasama Bidang Pendidikan Antara Institut Abdul Chalim Jalin dengan Al Azhar University

November 12, 2018 0 By pusat data dan sistem informasi ikhac

Dalam rangkaian kunjungannya ke Mesir, KH Asep Saifuddin Chalim bersilaturahmi ke Dr Yusri Sayeed Jabir Al Hasan di kediamannya, di kawasan Mukattam, Kairo (30/10/2018). Pada kunjungan tersebut,  Dr Yusri yang merupakan seorang dokter ahli bedah sekaligus seorang mursyid tarekat siddiqiyah saziliyah memberikan beberapa amalan-amalan dzikir tarekah kepada rombongan.

Kiai Asep mengundang Dr Yusri untuk dapat hadir mengunjungi pesantren Amanatul Ummah sekaligus memberikan kuliah umum di Institut KH Abdul Chalim. Beliau, akan memenuhi undangan Kiai Asep pada sekitar akhir tahun atau awal tahun 2019. Sedangkan dalam lawatannya ke kampus terbesar di Mesir yaitu Al Azhar University, Kyai Asep beserta rombongan bertemu dengan wakil rektor Al Azhar, yaitu Prof Ashraf Atiya El-Badi (31/10/2018).

Turut bersama rombongan Rektor Institut KH Abdul Chalim yaitu Dr Mauhibur Rahman, dan wakil rektor bidang akademik Dr Fadly Usman.

Dalam pertemuan penting tersebut telah disepakati rangkaian kegiatan kerjasama antara Al Azhar University dan Institut KH Abdul Chalim di bidang pendidikan dan penelitian. Beberapa kesepakatan yang berhasil dirumuskan diantaranya adalah program pertukaran pelajar, program pertukaran dosen dan pengajar, serta kerja sama penelitian dan publikasi ilmiah ke jurnal-jurnal bereputasi dunia.

Di akhir pembicaraan antar kedua institusi pendidikan tersebut, Prof Ashraf menyatakan kekagumannya terhadap mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Mesir. Beliau sampaikan bahwa, mahasiswa Indonesia itu sifat tawadhu dan patuhnya sungguh luar biasa, rerata mereka cerdas dan sangat mudah beradaptasi dengan budaya kebiasaan masyarakat Mesir.

Pertemuan yang diadakan di gedung rektor tersebut akhirnya ditutup dengan saling menyerahkan kenang-kenangan dari kampus masing-masing. Semoga pertemuan penting antar kedua institusi pendidikan tinggi tersebut dapat memberi manfaat yang lebih luas, tidak hanya kepada kedua belah pihak, tetapi antar kedua negara sahabat. (fadly)